Disini ORI, disana ORI, dimana-mana orang jualan ORI.

10.30 am
KRING... KRIIING... KRIIIIINNGGG..
Telepon genggam saya menjerit-jerit dari kantong baju minta perhatian untuk segera diambil. Dari layar nya muncul nama temen saya yang bekerja di salah satu bank swasta nasional. Dia menjadi kepala cabang ditempat saya nabung. Dalam hati saya bimbang, angkat-tidak-angkat-tidak...

Akhirnya saya memutuskan untuk mendiamkan hape saya. Berfikir sejenak, kok tumben si Ibu ini call saya di siang bolong, biasanya sih staff-nya yang telpon untuk konfirmasi penarikan cek ato giro yang nominalnya melewati batas alias kekurangan dana.

Jangan-jangan dia nawarin asuransi? Batin saya ngelantur.
Ato dia ngundang makan malam? Weleh ini mah terlalu muluk.. Pikiran saya malah jadi ngaco..

KRIINGGG.. KRIIIINNGGG... KRRIIIIIINGGG..
Kembali saya melirik ke layar hp. Wah.. Dia lagi.. Akhirnya saya angkat juga.

"selamat siang pak, apa kabar?" suara merdu di sebrang sana menyapa ceria.
"baik dan sehat, ibu.." sahut ku singkat, otakku masih curiga akan "misi"-nya menelpon ku di pagi yang cerah ini.

Trus berlanjut dgn basa-basi bla.. Bla.. Bla.. Hingga pada akhirnya...

"ini pak, saya punya jualan baru"
Dalam hatiku, "ini yg aku tunggu".
"Saya menawarkan ORI 5, yg sudah masuk masa penawaran sejak tgl 19 kemaren".

Otak ku langsung bekerja, kukumpulkan pertanyaan tentang "biaya-biaya terselubung" yang disisipkan pihak penjual, dan mencoba mengingat "himbauan" dari pak Edison, dan mencecarnya dengan pertanyaan.

12.15 am
KRIINNGG... KRRRIIIINNNGGG..
Dari layar hape tertera jelas, "BANK Danamon".. Aku diamkan sejenak, sambil menimbang-nimbang, Angkat-Tidak-Angkat-Tidak..

Kujawab panggilan itu, suara CS Bank yang sangat fasih ditelinga terdengar lembut. Langsung aku sambar dengan tuduhan keji,
"mbak mau jualan ORI ya?"
"Lho.. Kok tau pak?" sahutnya.

Lalu kembali berlanjut dengan sesi tanya-jawab, biaya berapa? Minimal pembelian berapa? Kalo ori 4 berapaan? Jual kembali berapa?

Ori 5 dipasarkan dengan cukup gencar, dalam sehari aku dihubungi oleh dua Bank dan kemaren di samperin ama Tri Megah. Belum tau mau ambil keputusan yg bagaimana, Lha wong kenal kata Investasi aja baru kemaren.

Bertambah satu pengetahuan dasar investasi:
  • Obligasi: adalah sebuah istilah yang digunakan dalam dunia keuangan yang merupakan suatu pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi beserta janji untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunganya kelak pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran.
Lebih baik investasi diri dulu. Sebelum menginvestasikan milikmu kepada pihak lain!

Komentar